Langkah-langkah memasang Iklan di Google Adwords
Tujuan pemasaran dengan Google AdWords adalah meningkatkan traffic website anda. Cara pasang iklan di Google AdWords bisa dibilang cukup mudah dan tidak ribet. Yang pasti untuk memasang iklan di Google AdWords, anda harus memiliki website terlebih dahulu, apabila anda belum memiliki website, anda juga bisa menggunakan blog atau halaman media sosial anda sebagai link referensi.
Begini cara kerjanya, halaman website anda akan ditampilkan di bagian atas maupun samping kanan di hasil pencarian google setiap kali orang memasukan kata kunci tertentu yang sudah anda tentukan sebelumnya. Sebelum anda pasang iklan di Google AdWords, pastikan anda sudah menentukan budget iklan anda terlebih dahulu.
Google AdWords termasuk iklan PPC (Pay Per Click). Artinya anda akan mengeluarkan biaya setiap ada iklan anda yang diklik. Semakin besar penawaran biaya yang anda bersedia bayar untuk setiap klik, maka iklan anda akan semakin diprioritaskan untuk mendapat posisi yang baik di halaman hasil pencarian google. Biasanya iklan dengan penawaran biaya iklan AdWords tertinggi akan diletakkan di posisi paling atas, sedangkan penawaran biaya iklan AdWords terendah akan diletakkan di samping hasil pencarian. Sekarang mari kita bahas tiap langkah dalam cara pasang iklan di Google AdWords.
Berikut langkah-langkah cara pasang iklan di Google AdWords:Begini cara kerjanya, halaman website anda akan ditampilkan di bagian atas maupun samping kanan di hasil pencarian google setiap kali orang memasukan kata kunci tertentu yang sudah anda tentukan sebelumnya. Sebelum anda pasang iklan di Google AdWords, pastikan anda sudah menentukan budget iklan anda terlebih dahulu.
Google AdWords termasuk iklan PPC (Pay Per Click). Artinya anda akan mengeluarkan biaya setiap ada iklan anda yang diklik. Semakin besar penawaran biaya yang anda bersedia bayar untuk setiap klik, maka iklan anda akan semakin diprioritaskan untuk mendapat posisi yang baik di halaman hasil pencarian google. Biasanya iklan dengan penawaran biaya iklan AdWords tertinggi akan diletakkan di posisi paling atas, sedangkan penawaran biaya iklan AdWords terendah akan diletakkan di samping hasil pencarian. Sekarang mari kita bahas tiap langkah dalam cara pasang iklan di Google AdWords.
Cara Pasang Iklan di Google AdWords
- Kunjungi website Google AdWords
- Login menggunakan ID GMail anda
- Pilih Zona Waktu anda. Contoh: Indonesia – GMT +7 (Jakarta)
- Pilih Mata Uang anda. Contoh: Rupiah
- Klik Continue
- Klik Sign In To Your Adwords Account
- Create Your First CampaignCampaign adalah suatu program pemasaran menggunakan Google AdWords. Langkah pertama dalam cara pasang iklan di Google AdWords adalah melakukan pengaturan awal pada program pemasaran anda.
- Masukan Nama dan Tipe Campaign
Apabila anda memilih search networks, iklan anda akan ditampilkan di halaman pencarian google, google shoping, google maps, google images, google groups, serta halaman pencarian partner google, seperti AOL.
- Pilih Jaringan, Device, dan Lokasi Iklan
Di bagian jaringan, anda bisa menon-aktifkan iklan anda pada search partner google seperti AOL untuk pasang iklan anda. Bagian device memungkinkan anda untuk memilih device pengguna yang sesuai dengan kemauan anda, misalkan anda tidak ingin pasang iklan di google adwords anda melalui media mobile dan tabs.
Anda juga dapat mengatur target lokasi yang dapat melihat iklan anda,serperti Indonesia. Bahkan anda dapat menentukannya secara lebih spesifik, seperti kota maupun provinsi. - Pilih Bahasa / Language
Sesuaikan bahasa iklan anda dengan bahasa pengunjung yang anda harapkan. Apabila anda hanya mengharapkan pengunjung yang menggunakan Bahasa Indonesia, centang saja Bahasa Indonesia. Namun pertimbangkan menyertakan Bahasa Inggris, sebagian orang Indonesia menggunakan google dengan Bahasa Inggris sebagai standard. - Menetapkan Budget
Pastikan anda sudah membuat perencanaan sebelumnya tentang seberapa banyak uang yang akan anda gunakan untuk pemasaran online dengan cara pasang iklan di Google AdWords. Anda bisa memilih untuk menetapkan harga mati per klik iklan yang anda pasang, atau anda bisa membiarkan google yang menentukan harganya untuk memaksimalkan posisi anda pada halaman hasil pencarian google. Kemudian, anda juga dapat menetapkan budget yang ingin anda keluarkan setiap harinya, apabila pengeluaran anda per hari sudah melewati budget, maka iklan anda akan berhenti ditayangkan pada hari tersebut. - Memberikan Extension Iklan
Tambahkan extension seperlunya pada iklan anda, anda bisa menambahkan sitelinks atau link-link ke halaman tertentu dalam website anda, menambahkan nomor handphone untuk dihubungi dan lain sebagainya. - Menetapkan Pengaturan Tambahan
Atur kapan iklan anda mulai ditampilkan dan jangka waktu berakhirnya iklan, social settings, ad delivery, keyword matching, serta tracking URL. - Save and Continue
- Pilih Nama Group
Setiap grup dapat berisikan satu atau lebih iklan dengan kata kunci yang berkaitan. Untuk hasil yang maksimal, fokuskan iklan dan kata kunci di group ini dengan satu produk atau jasa. - Buat Iklan
Pilih jenis iklan yang sesuai dengan program pemasaran anda, apakah itu iklan teks, gambar, ataupun video. - Pilih Kata Kunci
Cermatlah dalam memilih kata kunci untuk menampilkan iklan anda. Saran dari google adalah menggunakan 10-20 kata kunci untuk menampilkan iklan anda. Sebelum memilih kata kunci yang terbaik untuk iklan anda, pastikan anda sudah menggunakan Google Keyword Tool untuk meriset kata kunci tersebut. - Pilih Penempatan Iklan
Pilih website dimana anda ingin menempatkan iklan anda. Anda bisa menambahkan daftar website tertentu atau menghindari iklan anda di daftar website tertentu. - Save and Continue to Billing
- Pilih Negara Lokasi Tagihan
- Masukan Data Pribadi Anda
- Pilih Metode Pembayaran AndaMetode pembayaran otomatis akan menagih secara langsung dari kartu kredit anda bila anda sudah mencapai budget pemasaran dengan cara pasang iklan di Google AdWords atau setelah 30 hari program anda dimulai, yang manapun yang lebih cepat. Dengan metode pembayaran manual, iklan anda baru akan mulai ditayangkan apabila anda sudah melunaskan pembayaran untuk program iklan pertama anda, sistemnya seperti beli pulsa pada handphone prabayar.
- Lakukan Pembayaran Pertama Anda
Dengan menggunakan kartu kredit mastercard dan visa, setelah anda menyetujui Terms and Agreements, anda dapat langsung melakukan pembayaran dan mengkonfirmasinya. Selesai, iklan anda sudah resmi ditayangkan beberapa waktu setelahnya.
Sekarang anda sudah mahir tentang cara pasang iklan di Google AdWords, semoga artikel tentang cara pasang iklan di Google AdWords ini dapat mendorong pemasukan bagi perusahaan anda melalui pemasaran online.
0 komentar Blogger 0 Facebook